3G (Gundah, Gulana, Galau)

08/04/2014 11:32

Mungkin judul artikel diatas menggambarkan suasana hati muda mudi yang sedang berbunga-bunga karena jatuh cinta, kangen, atau bahkan yang sedang dirundung kemalangan karena habis diputusin sang kekasih...entahlah yang jelas perasaan itu saat ini juga sedang terjadi pada mahasiswa-mahasiswi yang sudah memasuki tingkat akhir. Dimana dia harus dapat menyelesaikan tugas akhir, skripsi maupun tesis yang merupakan kewajiban yang harus dipenuhi bagi setiap mahasiswa untuk mengakhiri masa "lalang buana" di hutan belantara kampus.

Perjalanan seorang mahasiswa dalam proses penyusunan tugas akhir, skripsi, maupun tesis tentunya banyak sekali menemui rintangan. Mulai dari pengajuan judul tugas akhir, skripsi maupun proposal tesis yang tidak disetujui oleh dosen pembimbing, tempat riset, maupun "coding yang gak jalan". Belum lagi "deadline" dari dosen pembimbing dan masalah-masalah lain yang terkadang ikut "ngrecokin" dalam penyusunannya. Kemudian yang tidak kalah terus membayangi adalah rasa was-was, cemas, dan takut kalau-kalau penyusunan tugas akhir, skripsi maupun tesis tidak selesai. Bagaimana yah supaya perasaan "3G" ini tidak serta merta terus membayangi (halah...kok penulis malah ikut-ikutan galau nih :-).

Ujian Komprehensif (UK)

Ok..penulis cuma mau ngebahas untuk yang lagi menyusun tugas akhir nih, soalnya ada informasi baru mengenai pilihan dalam penyusuna tugas akhir. Ujian Komprehensif itu namanya. Nah ini nih yang bikin gundah gulana dan galau tadi...soalnya kebanyakan mahasiswa (BSI khususnya) masih belum paham dengan apa yang dimaksud dengan ujian komprehensif. Menurut informasi yang saya dapatkan dari sumber yang terpercaya smile, Ujian komprehensif adalah ujian dilakukan untuk mengetahui tingkat penguasaan materi tugas akhir yang dilakukan oleh mahasiswa pada Program Diploma Komputer yang dilaksanakan pada ruang tertutup. Ujian komprehensif bertujuan untuk menilai kemampuan mahasiswa untuk memecahkan masalah yang membutuhkan pendekatan komprehensif lintas kompetensi yang diperoleh melalui matakuliah-matakuliah yang ditempuh selama mengikuti Program D3 AMIK Bina Sarana Informatika.

Ujian komprehensif dilaksanakan melalui ujian tulis, lisan, dan kinerja. Ujian tulis dan lisan difokuskan untuk menilai kemampuan memecahkan masalah secara kompherensif, analitis-sintesis dan mengkomunikasikannya secara tertulis dan lisan. Ujian komprehensif dilaksanakan setelah mahasiswa menyelesaikan seluruh beban belajar yang harus ditempuh.

Ketentuan UK

Bentuk outline tugas akhir berupa Ujian Komprehensif diperuntukkan bagi:

  • Mahasiswa AMIK BSI, ASM BSI, dan AMK BSI
  • IPK 2.00 s.d 2.75
  • Lulus mata kuliah unggulan pada masing-masing jurusan
  • Wajib membawa Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) yang sudah ditanda tangai oleh Dosen Penasehat Akademik (PA)

Kapan pelaksanaan UK

  • Waktu pelaksanaannya bersamaan dengan periode tugas akhir.
  • Waktu ujian lisan atau tertulis adalah selama 45 menit untuk kedua mata kuliah yang akan diujikan

Daftar mata kuliah yang akan diujikan dapat dilihat dan diunduh bahan ajarnya (silabus dan slide materi) pada website BSI. Khusus untuk bentuk outline komprehensif, mahasiswa tidak dibimbing oleh dosen pembimbing tugas akhir. Nah ini dia nih yang makin membuat mahasiswa terkena sindrom 3G. Tapi jangan menyerah muda mudi generasi penerus bangsa...keep figthing...tetap semangat.