Apa Orientasi Karir Anda?

24/03/2014 23:37

Seorang karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan maupun instansi tertentu pasti mempunyai orientasi karir masing-masing. Orientasi karir yang dipunyai oleh seorang karyawan dapat dijabarkan sebagai berikut:

Orientasi pada upah

Seorang pegawai atau karyawan yang mempunyai orientasi ini mengukur semua pekerjaan yang sudah dilaksanakan hanya melihat seberapa besar gaji atau intensif yang diberikan oleh perusahaan maupun instansi. Menurut mereka, segala sesuatu yang dibebankan kepadanya harus diukur dengan nilai uang atau harus ada imbalan yang didapat. Karyawan dengan orientasi ini tidak terlalu memperdulikan prestasi kerja, karena mereka hanya menjalankan pekerjaan sesuai yang dibebankan dan tidak mau mengerjakan pekerjaan diluar tanggung jawabnya.

Orientasi bekerja adalah ibadah

Karyawan dengan orientasi karir ini, lebih mengutamakan pekerjaan yang dilakukan orientasinya adalah sebagai amal ibadah walaupun dia harus melakukan pekerjaan diluar tanggung jawabnya. Mereka akan selalu menunaiakan pekerjaan yang dibebankan kepadanya dengan ikhlas dan tidak selalu mengharapkan imbalan maupun upah dari perusanaan maupun lembaga, sehingga tipe karyawan dengan orientasi karir ini akan menjalankan pekerjaanya dengan penuh semangat dan akan mengeluarkan setiap potensi yang dimiliki oleh karyawan tersebut.

Orientasi pada loyalitas

Karyawan dengan orientasi pada loyalitas, tidak jauh berbeda dengan seorang karyawan yang mempunyai orientasi bekerja adalah ibadah. Selain itu tipe karyawan dengan orientasi ini, mereka akan mempunyai dedikasi tinggi terhadap perusahaan tempat dia berkarir. Mereka akan memberikan jiwa, raga dan pikiran seratus persen demi memajukan perusahaan. Jika dia ditempatkan disuatu bagian, maka mereka akan menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Oleh karena itu, kebanyakan karyawan yang mempunyai orientasi karir ini sering berprestasi bagi instansi dimana dia bekerja.

Orientasi pada jenjang karir

Seorang pekerja dengan orientasi ini, selama dia bekerja akan selalu meminta kejelasan mengenai jenjang karir yang bisa diperoleh apabila telah bekerja selama beberapa tahun. Posisi mana saja yang bisa didapatkan dan tentu saja gaji maupun fasilitas yang diperoleh jika mereka menduduki suatu posisi tersebut. Karyawan dengan orientasi ini akan selalu bekerja sebaik mungkin dan akan berusaha berprestasi di tempat dia bekerja dengan tujuan dapat menduduki suatu jabatan yang cukup penting, karena jika sudah menduduki suatu jabatan tertentu sudah pasti banyak fasilitas yang akan diterima oleh karyawan tersebut.

Orientasi mencari pengalaman

Seorang karyawan yang mempunyai orientasi karir hanya sebatas mencari pengalaman saja biasa disebut dengan karyawan “nomaden”. Artinya karyawan ini tidak pernah merasa kerasan dan tidak pernah dengan serius menggeluti suatu bidang pekerjaan tertentu. Dia akan terus mencari pekerjaan ditempat lain yang menurut dia sesuai dengan keinginannya. Alasan mereka selain untuk menambah pengalaman dibidang yang sedang ditekuni, mereka  juga tidak sedikit yang memilih suatu tempat bekerja dilihat dari lingkungan sosial atau interaksi sosial sesama karyawan. Menurut mereka dengan berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya akan menambah keilmuan dan keahlian dari karyawan tersebut sehingga diharapkan nanti akan menjadi seorang karyawan yang profesional dan mahir dibidangnya.

Demikian beberapa orientasi karir yang bisa saya jabarkan. Mungkin kita termasuk disalah satu kriteria diatas. Idealnya, sebagai seorang karyawan yang bekerja disuatu perusahaan maupun lembaga tertentu hendaknya kita harus mengerahkan semua potensi yang kita miliki dari sisi keilmuan maupun dari sisi keahlian yang kita punyai semata-mata untuk kemajuan dari instansi dimana kita bekerja. Selain itu, sebagai seorang pekerja kita memang mempunyai hak yang wajib dipenuhi oleh lembaga, tetapi sebelumnya kita harus memenuhi kewajiban-kewajiban yang diberikan instansi kepada kita. Hilangkan mempunyai pikiran, kita selalu menuntut hak dari perusahaan tetapi tanpa melihat apa yang sudah kita berikan kepada perusahaan dimana kita bekerja agar kita dapat berprestasi dan turut berpartisipasi memajukan instansi tempat kita bekerja. Semua pilihan ada ditangan anda...jadi luruskan orientasi karir anda sekarang juga.