Evolusi VIRUS dari jaman ke jaman(2)-Keamanan Jar.Kom

17/05/2014 09:37

Tahun 1998

Virus Perusak Hardisk. Tahun 1998 mencatat bahwa orang Asia pun mampu membuat virus yang bagus dan menggegerkan. Adalah Chen Ing Hua, mahasiswa Tatung University Taiwan yang mengakui menulis 'Win95.CIH' karena ingin membuktikan klaim berlebihan dari vendor antivirus atas keampuhan produknya. Sekali menginfeksi komputer Anda, pada setiap tahun tanggal 26 April ia akan menghancurkan MBR (Mother Boot Record) dari hardisk yang praktis membuat hardisk anda menjadi lumpuh dan harus di-boot ulang dan menghapus BIOS dari motherboard anda yang membuat banyak motherboard tidak dapat berfungsi karena BIOSnya di hapus. Diperkirakan CIH memakan korban 60 juta komputer. Karena tanggal aktifnya yang bersamaan dengan tanggal terjadinya tragedi kebocoran reaktor nuklir di Chernobyl, maka virus ini mendapatkan julukan keren Chernobyl atau Spacefiller. Sampai hari ini, CIH sangat sering dijumpai dan salah satunya contohnya adalah dalam worm Magistr anda dapat menemukan varian CIH didalamnya. Bulan Agustus 1998 tercatat program remote yang sampai saat itu sangat populer diluncurkan 'BackOrifice' (plesetan dari Back Office, software keluaran Microsoft). Setelah itu, BackOrifice segera diikuti banyak program serupa seperti 'NetBus' dan 'Phase'. Pada bulan Agustus 1998 juga tercatat virus yang mampu menginfeksi melalui Browser internet ditemukan, 'Java.StrangeBrew'. Virus ini tidak berbahaya tetapi memberikan jalan yang sangat lapang dan menambahkan lagi satu cara lagi bagi virus untuk menyebarkan dirinya. Terbukti hal ini dimanfaatkan dengan efektif oleh Nimda di tahun 2001.

Tahun 1999

Tahun 1999, pembuat virus memanfaatkan internet dan email perusahaan besar untuk menyebarkan dirinya. Tahun 1999 disebut sebagai tahun Old & New karena selain munculnya virus baru seperti WM97/Melissa, W32/ExploreZip dan W32/Ska-Happy99. Mereka adalah virus yang mengandalkan attachment email untuk menyebarkan dirinya, sehingga dapat menyebar keseluruh dunia dalam hitungan hari. Virus lama seperti XM/Laroux, Form (virus boot sector yang sempat mempermalukan Microsoft) juga tercatat sebagai virus yang paling sering muncul. Penyebar virus Melissa, David L. Smith, akhirnya dinyatakan bersalah dan sukses mengakibatkan kerugian USD 80 juta di Amerika.

Tahun 2000

  • Virus 'Surat Cinta' atau Loveletter. Serangan virus ditahun 2000 mencatat perkembangan yang sangat signifikan dibandingkan tahun 1999, yaitu 10 kali lipat lebih banyak. Virus ini dikirimkan oleh VBS.Loveletter, virusVBScript paling menggemparkan dalam sejarah yang ditulis oleh programmer muda 20an tahun dari Manila, Filipina. Seperti yang pernah dikatakan oleh Fred Cohen, pembuat virus ini terkejut melihat kerusakan yang diakibatkan oleh virus ciptaannya. Loveletter / Lovebug berhasil menginfeksi dan merusak file dari perusahaan-perusahaan terbaik di Amerika seperti Microsoft Corp, Ford Motor Co. dan Archer Daniels Midland Co. Tidak luput juga komputer milik Pentagon, CIA dan Parlemen Inggris menjadi korban Lovebug. Kerugian yang diakibatkan oleh Lovebug diperkirakan mencapai USD 15 miliyar (Lloyd Insurance, London). Keberhasilan penyebaran Lovebug diperkirakan karena pembuatnya secara cerdik memanfaatkan kebutuhan psikologis dari manusia untuk mendapatkan cinta dan perhatian.
  • Virus Kak.worm, virus ini memanfaatkan celah keamanan yang ada pada Ms.Outlook Express. Saking dahsyatnya, sebuah tim dari Vaksin.com menghabiskan waktu sehari penuh hanya untuk scanning dengan antivirus produknya.
  • Selain itu tercatat W32/MTX yang merupakan virus yang menghalangi korbannya mendapatkan pertolongan dari website antivirus diikuti oleh Prolin, Lifestages, Marker dan Ethan.
  • Akhir tahun 2000, ditandai dengan munculnya virus Navidad yang disinyalir berasal dari Amerika Selatan. Varian Navidad menyusul beberapa saat kemudian dengan nama Emanuel.