Evolusi VIRUS dari jaman ke jaman (Keamanan Jar.Kom)

17/05/2014 08:28

Perkembangan virus komputer dari tahun ke tahun semakin canggih. Bahkan saat ini terdapat virus komputer yang dapat menyerang fasilitas nuklir dan pembangkit listrik. Sebenarnya kapan mulai ditemukannya atau terciptanya sebuah virus komputer. Tahun 1949 seorang Jhon Von Neuman mempunyai pemikiran bagiamana sebuah program komputer dapat mereplika dirinya sendiri, ide ini dijadikan sebagai cikal bakal munculnya pembuatan virus. Seiring perkembangan teknologi, varian dan kecanggihan sebuah virus semakin bertambah, mari kia lihat evolusi perkembangan virus dari masa ke masa.

Tahun 1989

  • Merupakan saat dimana segalanya mulai bergerak. Virus Fu Manchu (modifikasi dari Jerusalem) dan Virus 405 diciptakan dan disebarkan di Inggris. Selain di Inggris, tahun 1989 juga merupakan awal ketertarikan programmer Bulgaria dan Rusia dalam dunia virus.
  • Maret 1989, tercatat berita mengenai virus Datacrime, virus yang paling ditakuti di tahun 1989 karena dikhawatirkan menghapus seluruh isi hardisk. Walau pun  penyebarannya masih diragukan, tetapi tetap ditakuti karena kemampuannya memusnahkan seluruh isi hardisk. Dalam rangka memerangi Datacrime yang akan beraksi tanggal 12 Oktober 1989 dan virus lainnya, pada bulan September 1989 IBM meluncurkan IBM scanning software versi 1.0 (perlu diingat bahwa pada saat itu IBM barometer dalam perkembangan IT, baik secara software maupun hardware)

Tahun 1990

  • Tercatat sebagai tahun munculnya Virus polymorphic yang diprakarsai oleh Mark Washburn. Hal ini memberikan pekerjaan rumah yang panjang bagi perusahaan antivirus, beberapa memerlukan waktu lebih dari 2 tahun untuk mendeteksi secara lengkap virus polymorphic ini.
  • Virus Whale (ikan paus) muncul. Sesuai namanya virus ini berukuran sangat sangat besar dan sangat kompleks. Sebaliknya, virus ini tidak melakukan banyak hal, hanya mengakibatkan komputer anda crash ketika menjalankannya. Tujuan utama virus ini adalah mengerjai para pembuat antivirus dengan kompleksitas program yang berbelit dan ukuran yang sangat besar. Butuh waktu beberapa minggu untuk menelusuri virus ini. Meskipun tidak mengandung inovasi baru tetapi kompleksitas dan ukuran virus ini membuatnya menjadi terkenal.

Tahun 1992

Tanggal 6 Maret 1992, bertepatan dengan hari ulang tahun pelukis terkenal dari Italia ini, Virus Michaelangelo menghapus seluruh isi harddisk pengguna komputer, dan saat itu banyak para pengguna komputer tidak berani menyalakan komputernya karena takut terhadap guna menghindari aktifnya virus tersebut.

Tahun 1993

Tahun 1993 juga ditandai dengan munculnya virus-virus polymorphic yang lain seperti Tremor dan group Trident yang mendapatkan dua anggota baru, Dark Ray dan John Tardy. Tahun ini mencatat peningkatan program engine polymorphic yang secara signifikan meningkatkan jumlah virus dan sangat sulit dideteksi oleh scanner antivirus. Seiring dengan makin populernya CD Rom, virus mulai menyebarkan dirinya menggunakan media ini.

Tahun 1994

Virus menyerang CD Rom. Jika satu master CD terinfeksi virus, akibatnya akan sangat besar karena satu master CD digunakan untuk membuat puluhan sampai ratusan ribu CD Rom yang akan digunakan untuk instalasi software di komputer. Kalau sebuah CD Rom diketahui terinfeksi virus, tidak ada cara lain untuk mendisinfeksi virusnya kecuali memusnahkan CD Rom tersebut. Di Inggris, tercatat muncul dua virus polimorfis yang sangat rumit, SMEG.Pathogen dan SMEG.Queeg yang disebarkan melalui BBS. Pembuat virus ini akhirnya ditangkap oleh pihak yang berwajib.

Tahun 1995

  • Tahun 1995 bisa dikatakan sebagai era penyebaran virus yang semakin masif. Virus pertama untuk Windows pun diciptakan pada tahun ini, termasuk beberapa virus fenomenal lainnya. Windows dan seluruh aplikasi bawaannya mulai banyak digunakan sejak 1995, tak heran jika para pembuat program jahat melihatnya sebagai sasaran empuk. Dari sini mulai tercipta virus Macro yang menginfeksi file buatan Microsoft Word. 1995, Virus Macro Tahun ini mencatat permunculan virus Nightfall, Nostradamus, Nutcracker, RNMS dan DieHard2 yang sangat merepotkan pengguna komputer di seluruh dunia.
  • Musim semi 1995, dua perusahaan antivirus EsaSS (ThunderBYTE anti-virus) dan Norman Data Defense (Norman Virus Control) melakukan aliansi untuk menghadapi persaingan di industri antivirus dan bergabung menjadi Norman. Titik balik dalam virus komputer terjadi pada bulan Agustus 1995, saat software Microsoft Word yang sebelumnya digembar-gemborkan sangat sulit terserang virus mendapatkan serangan pertama dari Concept. Hal inilah yang mengawali era virus Macro sebagai jenis virus paling banyak beredar dimulai dan menjalar dengan cepat di seluruh dunia.

Tahun 1996

Tahunnya Virus Windows dan Macro Virus pertama yang menginfeksi Windows 95 muncul, Win95.Boza, bersamaan dengan virus polimirfis yang rumit Zengxi. Mengikuti jejak kakaknya, pada bulan Maret 1996 Windows 3.X juga terinfeksi virus yang bernama Win.Tentacle. Laroux membuktikan bahwa Macro tidak hanya merupakan lahan yang subur untuk menciptakan virus bagi pengguna MS Word, tetapi juga bagi pengguna Microsoft Excel, program spreadsheet keluaran Microsoft. Tahun 1996 dapat dikatakan sebagai tahun perkembangan virus Windows 32 (Win 95 dan Win NT) dan virus Macro.

Tahun 1997

Virus FTP dan IRC Bulan Februari 1997 ditemukan virus pertama yang menyerang Linux, Linux.Bliss. Kemudian, sejalan dengan pemasaran Office 97, virus macro yang baru turut bermigrasi menyerang Office 97. Bulan April 1997, ditemukan worm yang menyebar lewat jaringan, 'Homer' yang menggunakan FTP (File Transfer Protocol) untuk menyebarkan dirinya.  Selain FTP, bulan Desember 1997 IRC juga diserang oleh worm yang menyerang aplikasi mIRC, aplikasi chatting yang paling populer. Bersambung ke  Evolusi VIRUS dari jaman ke jaman(2)