Lulus kuliah mau kemana boy?

24/03/2014 23:17

Pelaksanaan ujian sidang tugas akhir sudah selesai. Sekarang ini mahasiswa BSI masih diliputi perasaan was-was, gundah gulana, galau (halah opo sih....), lho la iya to...la wong hasil ujiannya belum keluar. Nah sekarang berandai-andai yah...kalau misalnya sudah lulus terus mau kemana...hayoooo? Mau sekolah lagi, bekerja atau jadi pengusaha atau.....mau jadi ibu rumah tangga saja ;-). Semua itu adalah pilihan, dan setiap pilihan pasti ada konsekuensinya. Tapi yang jelas semua orang yang sudah lulus pasti ingin jadi orang yang SUKSES. Jangankan bagi yang kuliah, seorang lulusan sekolah menengan umum pun pasti ingin menjadi orang yang sukses. Nah...sekarang bagaimana pengaplikasiannya dalam proses menuju kesuksesan tersebut, karena jalan menuju kesuksesan adalah jalan yang terjal dan dipenuhi oleh onak dan duri sehingga tidak akan mudah untuk menggapainya jika tidak dilalui dengan sungguh-sungguh dan juga harus direalisasikan dengan penuh perjuangan.

Ada beberapa pilihan alternatif yang dapat diambil oleh mahasiswa selepas dari bangku kuliah. Yuk kita lihat satu persatu.

Melanjutkan Studi

Pilihan yang pertama ini mungkin tidak terlalu banyak yang memilih, karena biasanya pertimbangannya adalah masalah pendanaan. Seperti yang kita ketahui, bahwa remaja-remaja yang merupakan lulusan dari program diploma tiga berharap setelah lulus dapat langsung mendapat pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. Tetapi kenyataannya terkadang tidak seindah yang kita bayangkan. Banyak dari mereka berharap dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Lulusan diploma tiga, tentunya dapat melanjutkan ke program Strata Satu (S1). Permasalahannya, seperti yang kita ketahui saat ini untuk masuk ke sekolah tinggi, universitas, maupun institut memerlukan biaya yang sangat besar. Untuk itu, kita harus pandai-pandai mencari tahu bagaimana caranya agar kita dapat terus melanjutkan studi ke program sarjana tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Salah satu solusinya adalah melalui program beasiswa. Alhamdulillah di Indonesia, banyak lembaga-lembaga maupun yayasan dan juga sekolah yang menawarkan beasiswa akademik. Salah satunya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Nusa Mandiri Jakarta. Program beasiswa diberikan kepada semua lulusan dari AMIK Bina Sarana Informatika, karena kebetulan sekolah tinggi ini bekerja sama dengan BSI. Prosentase pemberian beasiswanya tidak tanggung-tanggung loh...75% untuk semua jurusan. Bagaimana..sudah tidak galau lagi kan boy. Kalau masih galau, coba lihat alternatif pilihan yang kedua.

Menjadi Karyawan

Yup....menjadi karyawan atau pegawai merupakan dambaan hampir semua orang yang sudah lulus kuliah, terutama diploma. Kenapa? katanya kan klo lulusan dari diploma tiga sudah siap pakai...karena materi kuliahnya juga sudah disiapkan oleh pihak kampus agar dapat langsung terjun ke dunia kerja. Untuk itu kampus BSI mempunyai program yang dapat dirasakan langsung oleh para alumnus, yaitu Bursa Kerja yang diwadahi oleh BSI Career Center (BCC). Kegiatan ini biasa dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu tahun. Dengan harapan para alumnus BSI tidak kesulitan mencari pekerjaan dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kompetensinya.

Pilihan yang lainnya bagi para alumnus yaitu dengan mengikuti ujian-ujian untuk menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dibanyak departemen maupun pemerintah daerah, karena menurut mereka selain banyak tunjangannya (maaf tidak bisa disebutkan satu persatu...saking banyaknya he3x plus gaji ketigabelasnya itu loh) juga ada dana pensiun yang dapat diandalkan di hari tua nanti. Informasi penerimaan CPNS banyak disediakan di media-media cetak yang ada dinegeri ini maupun melalui media internet, tinggal tanya saja sama si Om..Gugel. Atau bisa langsung buka alamat web masing-masing departeman. Sampai disini apakah sudah selesai? Tentu saja belum, mencari pekerjaan yang layak, yang sesuai dengan kompetensi dari hasil mengenyam pendidikan dibangku kuliah, tentu saja bukanlah hal yang mudah, banyak diantara para ahli madya maupun sarjana yang kemudian bekerja jauh dari bidang pendidikan yang diambilnya, tapi itu masih dikatakan beruntung coba lihat masih banyak lulusan lain yang  masih MENGANGGUR, jadi bagi yang sudah bekerja tetap harus men-syukuri apa yang Alloh SWT berikan kepada kita. Masih galau boy? Coba tengok yang ini yah..!

Menjadi Pengusaha (Entrepreneur)

That's the point ini dia pilihan yang terakhir dan terbaik (klo menurut saya loh...). Iya karena dengan menjadi pengusaha, kita dapat dengan bebas mengatur waktu bekerja..pagi siang sore malam...terserah deh pokoknya...bebas (yang punya perusahaan kalee..he3x). Tapi kan menjadi pengusaha gak gampang... perlu modal, wawasan luas, jaringan, dan harus paham kondisi pasar. Betul sekali boy...memang jadi pengusaha tidak semudah membalikan telapak tangan, tapi juga bukan sesuatu yang tidak mungkin. Buat alumni BSI yang mau jadi pengusaha...monggo...silahkan pihak lembaga juga sangat mendukung kok. Dengan adanya BSI Entrepreneur Center (BEC) merupakan salah satu bentuk dukungan nyata dari lembaga. Selain itu agenda kegiatan dari BEC ini juga sangat beragam, ,mulai dari Short Course Entrepreneur (SCE), Womenpreneur, dan masih banyak event-event lainya. Seorang calon pengusaha sukses seharusnya mempunyai slogan atau motto dream, believe and action. Kesimpulannya sebenarnya modal yang paling besar dan harus dimiliki oleh calon pengusaha adalah KEMAUAN KUAT dan BERANI GAGAL. Mau jadi pengusaha...kira-kira modal ini sudah ada belum boy ? (sidik.sdk)