Pengenalan Activity Network Diagram (2)- P.M.P.S.I

17/05/2014 03:58

Pada materi sebelumnya sudah dibahas mengenai pengenalan dasar dari diagram jaringan kerja baik diagram yang menggunakan AOA maupun AON. Agar lebih jelas mengenai penggambaran metode AOA dengan AON, dibawah ini perbadingan metode tersebut dilihat dari ketergantungan antar kegiatan.

sumber: https://eriskusnadi.wordpress.com/2012/03/18/activity-network-diagram-part-1/

Pada tabel tersebut dapat terlihat adanya dummy activity (kegiatan dummy) pada diagram AOA, sedangkan pada diagram AON tidak akan ada kegiatan tersebut.

Kegiatan Dummy dalam Diagram AOA

Kegiatan Dummy digambarkan dalam garis panah putus-putus. Kegiatan ini digunakan untuk menghindari munculnya garis panah yang sering menimbulkan ketidakjelasan urutan dan kerancuan penyebutan suatu kegiatan. Kegiatan dummy merupakan kegiatan semu yang durasinya nol (tidak membutuhkan sumber daya), yang diselipkan ke dalam jaringan untuk menjaga logika pada jaringan. Menurut Herjanto dalam buku Manajemen Operasi (2008), terdapat dua jenis kegiatan dummy, yaitu grammatical dummy  dan logical dummy.

Grammatical Dummy

Adalah dummy yang digunakan untuk menghindari kerancuan penyebutan suatu kegiatan jika ditemukan dua atau lebih kegiatan yang berasal dari peristiwa yang sama dan berakhir pada peristiwa yang sama, contoh: tiga kegiatan A, B, dan C yang mana A dan B dimulai dan berakhir pada waktu yang sama, dan C tidak dapat dimulai setelah A dan B selesai. Kondisi A dan B dimulai dan berakhir pada waktu yang sama ini sulit dibedakan oleh algoritma penjadwalan pada komputer karena yang dibaca oleh komputer adalah peristiwa/node. Lihat gambar dibawah ini.

sumber: https://eriskusnadi.wordpress.com/2012/03/18/activity-network-diagram-part-1/

Perlu diperhatikan dalam penerapan gramatical dummy pada diagram AOA.

  1. Setiap kegiatan harus mempunyai identitas tersendiri yang dinyatakan oleh nomor node awal dan nomor node akhir. Jika lebih dari satu kegiatan dengan nomor pasangan node yang sama, maka grammatical dummy harus ditambahkan,
    contoh:
    Kegiatan A identitasnya 1-2 (dari node no. 1 ke node no. 2)
    Kegiatan B identitasnya  1-3
    Kegiatan C identitasnya  2-3
    Kegiatan D identitasnya  2-3
    Kegiatan E identitasnya  2-4

    Kegiatan C dan D tidak diperbolehkan karena memiliki identitas yang sama, maka harus ditambahkan dummy.

  2. Tidak boleh ada arus berbalik arah atau loop dalam diagram AOA. Pastikan node di ujung garis panah selalu memiliki nomor node lebih besar dari node di awal garis panah.