Pengenalan Activity Network Diagram (1)- P.M.P.S.I

17/05/2014 02:46

Dalam perangkat manajemen proyek, kita mengenal sebuah diagram yang disebut activity network diagram (diagram jaringan kerja). Activity network diagram merupakan salah satu dari tujuh alat perencanaan manajemen (7 management and planning tools) atau 7 New Quality Tools sehingga dalam businessdictionary.com disebutkan bahwa activity network diagram adalah salah satu alat manajemen kualitas:

A quality management tool that charts the flow of activity between separate tasks. It graphically displays interdependent relationships between groups, steps, and tasks as they all impact a project. Bubbles, boxes, and arrows are used to depict these activities and the links between them (businessdictionary.com).

Menggunakan diagram ini dapat dilakukan analisa jadwal waktu penyelesaian proyek, masalah jika terjadi kelambatan, probability selesainya proyek, dapat juga untuk mempercepat penyelesaian proyek.

Berdasarkan pemakaiannya, activity network diagram secara umum terdiri dari:

  • CPM (Critical Path Methode), merupakan teknik pertama dari activity network diagram pada tahun 1957 diperkenalkan oleh M.R. Walker and J.E Kelley,Jr
  • PERT (Program Evaluate and Review Technique) pada tahun 1958 yang diperkenalkan oleh U.S Navy Special Project Office
  • PDM (Precedence Diagram Methode) pada tahun 1960an yang dikembangkan oleh J.W Fondahl

Perbedaan mendasar antara CPM dan PERT adalah terletak pada perkiraan waktu, CPM menaksir waktu dengan cara pasti (deterministic) sedangkan PERT dengan cara kemungkinan (probabilistic). Metode ketiga, PDM, memiliki jaringan kerja yang lebih sederhana karena kegiatan atau tugas-tugas digambarkan pada node (simpul atau sambungan jalur), bukan pada garis panah seperti pada CPM dan PERT.

Metode diagram AOA dan AON

Untuk menggambarkan activity network diagram terdapat dua metode dalam penggambarannya yaitu AOA (Activity On Arrow) dan AON (Activity On Node).

  1. Activity on arrow (AOA), yang mana kegiatan digambarkan pada garis panah (arrow) dalam hal ini node merupakan suatu peristiwa (event).
  2. Activity on node (AON), yang mana kegiatan digambarkan pada node dalam hal ini garis panah (arrow) merupakan hubungan logis antar kegiatan.

Simbol Activity Network Diagram AOA

Simbol Activity Network Diagram AON

Penggambaran diagram AOA sedikit lebih sulit dari diagram AON, begitupun untuk pembacaanya. Bagi yang belum berpengalaman akan lebih mudah memahami diagram AON daripada diagram AOA karena jaringan diagram AON memfokuskan pada kegiatan atau tugas-tugas (tasks) sementara diagram AOA pada peristiwa (event).

Sedangkan untuk menggambarkan hubungan antar kegiatan dalam diagram AOA didasarkan pada hubungan kegiatan yang mendahului (predecessor) atau hubungan kegiatan yang mengikuti (successor) atau keduanya sekaligus sebagai kontrol. Pembahasan berikutnya akan dilanjutkan pada materi Pengenalan Activity Network Diagram (2).