Serba Serbi penyusunan KKP

20/04/2014 17:18

Mata kuliah KKP merupakan mata kuliah berbasis kompetensi (KBK) dengan bobot sks sebanyak 2 (dua). Untuk menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diwajibkan menyusun sebuah laporan hasil dari analisa data yang didapat dari tempat riset di sebuah perusahaan atau instansi tertentu. Ada beberapa informasi baru berkaitan dengan penyusunan KKP yang sudah dimulai pada semester ganjil 2013/2014 lalu. Simak apa saja hal-hal yang baru itu :

Penggunaan simbol DFD baru

Pada penyusunan KKP terdahulu, simbol DFD yang digunakan simbol dari Yourdan and De Marco. Sedangkan untuk periode ini simbol DFD yang digunakan simbol dari Gane and Sarson yang dikutip oleh Kendall and Kendall, berikut perbedaan simbol DFD yang nanti akan digunakan.

Menciptakan Diagram Konteks:

Diagram umum yang ada dalam sistem. Semua entitas eksternal yang   ditujukan pada diagram konteks berikut aliran data utama menuju dan dari   sistem. Diagram konteks diberi nomor nol.

Membuat diagram Nol

Diagram yang lebih detail dibanding diagram konteks. Pengembangan diagram menjadi terperinci melibatkan tiga proses atau lebih.

Overview Diagram

Menciptakan Diagram Detail:

Entitas biasanya tidak ditunjukkan dalam diagram detail. Diagram detail bisa memasukkan penyimpanan data yang tidak ditunjukkan dalam proses induk.

Kesalahan dalam membuat DFD

Dalam pembuatan DFD harus diperhatikan rambu-rambu yang ada. Dibawah ini diperlihatkan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam pembuatan DFD

------------------

*dari berbagai sumber