Ssst...ada info baru nih (outline TA.KA)

08/04/2014 12:13

Bagi mahasiswa/ i yang lagi "galau", pusing mikirin tugas akhir, mudah-mudahan informasi ini dapat memberikan pencerahan dan menjadi seberkas cahaya dalam kegelapan (halah...kok malah aku yang galau grin). Yup...informasinya tentang adanya perubahan-perubahan pada outline tugas akhir untuk jurusan Komputerisasi Akuntansi (KA). Jadi buat mahasiswa/ i bimbingan saya...tetap semangat yah, jangan mudah menyerah...percayalah bahwa saya selalu ada disisihmu (wah sekarang kok malah "lebay" grin). Ya sudah kembali ke pembahasan, oh iya kira-kira perubahan apa saja yah...wah harus kita simak nih.

Perancangan Sistem

Judul tugas akhir dapat menyesuaikan, adanya kesepakatan dengan penggunaan judul PERANCANGAN SISTEM INFORMASI bukan berarti tidak membolehkannya judul diluar itu (artinye opsional tuh...)

Perancangan Sistem berkelompok (max 3 orang)

Outline ini berbeda dengan outline perancangan sistem sebelumnya. Dikarenakan pada periode ini diperbolehkan untuk menyusun tugas akhir secara berkelompok, pada outline ini untuk sistem usulannya ditambahkan diagram alir (flowchart) sehingga lebih lengkap. Tidak usah khawatir, mahasiswa tidak diharuskan untuk membuat programnya secara real tetapi hanya diminta membuat desainnya (prototype) saja.

Pemrograman Berorientasi Bisnis Visual

Hasil karya berupa program bisnis yang dirancang sendiri menggunakan bahasa pemrograman visual yang dikuasai dengan objek rancangan diluar/sub sistem informasi akuntansi dengan dan atau tanpa melengkapi pengolahan akuntansi (adanya tabel perkiraan, laporan berupa rekap jurnal, dll).

Aplikasi Program Akuntansi

  • Hasil karya berupa aplikasi program akuntansi (misal aplikasi GL/Software Akuntansi yang dirancang sendiri dengan menggunakan bahasa pemrograman yang dikuasai seperti (Visual Basic, Visual Foxpro, C++, dll)
  • Hasil karya berupa penerapan Aplikasi Software Akuntansi (MYOB, Zahir, Accurate, dll) pada lokasi yang di observasi yang belum terkomputerisasi dalam pengolahan akuntansinya.
  • Khusus untuk poin ke-dua, contoh judul Tugas Akhir yang dapat digunakan, sebagai berikut: PENGOLAHAN DATA AKUNTANSI PADA PT. MUTIARA MAKMUR AGRINDO MENGGUNAKAN MYOB PREMIER V12, PENYELESAIAN TRANSAKSI KEUANGAN PADA PT. MUTIARA MAKMUR AGRINDO MENGGUNAKAN MYOB PREMIER V12, PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PT. MUTIARA MAKMUR AGRINDO MENGGUNAKAN MYOB PREMIER V12
  • Perangkat Lunak Yang Digunakan : disebutkan nama softwarenya contoh: MYOB Premier versi 13, Zahir versi 5 dll
    Pencatatan Akuntansi Manual : berikut bukti-bukti transaksi-transaksinya dicatat ke dalam akuntansi manual untuk dibandingkan apakah pencatatan akuntansi manual dengan software hasilnya sama. Bukti transaksi di lampirkan dalam daftar lampiran.
  • Struktur Kode meliputi kode customer, supplier, account, kode barang/jasa.
  • Setup Awal meliputi  Data Perusahaan, data Account, Link Account, Pajak, Mata Uang.
  • Input Saldo Awal meliputi  saldo Account, Hutang dan Piutang.

 

Demikianlah informasi mengenai perubahan-perubahan yang terjadi pada penyusunan TA untuk jurusan Komputerisasi Akuntansi. Mudah-mudahan dengan adanya informasi ini dapat membantu mahasiswa/ i dalam penyusunan tugas akhir, sehingga tidak bingung, gundah, gulana dan galau. Teruskan perdjoeanganmoe