Mau dapat "World Class University" ini syaratnya

23/01/2015 18:24

Akreditasi internasional merupakan syarat mutlak harus dicapai oleh perguruan tinggi untuk menjadi world class university. Untuk mencapai akreditasi internasional, perguruan tinggi harus dapat memenuhi berbagai kriteria yang telah ditetapkan sesuai standar internasional. Quacquarelli Symonds (QS), lembaga riset yang bergerak di bidang pendidikan tinggi dalam rilisnya pada 2010 menyebutkan bahwa ada beberapa kriteria inti harus dipenuhi perguruan tinggi di antaranya:

Kualitas Penelitian

Indikator kualitas penelitian untuk mencapai akreditasi internasional ini berisikan penilaian kualitas dari dalam negeri, produktivitas penelitian perguruan tinggi berdasarkan jumlah jurnal nasional dan internasional, kutipan yang digunakan oleh akademisi lain dalam penelitan, serta penghargaan yang sering diterima oleh pergutuan tinggi. Semakin banyak penelitian yag dilakuka oleh dosen-dosen pada perguruan tinggi tersebut akan semakin memperbesar peluang masuk ke dalam daftar perguruan tingga kelas dunia.

Kualitas Lulusan

Indikator lulusan kerja ini lebih fokus terhadap kekuatan akademik, kemampuan lulusan untuk bekerja secara efektif dalam tim multikultural, kemampuan lulusan dalam mempresentasikan, dan untuk mengelola karyawan dan proyek. Indikator ini dilihat dari survey terhadap pengusaha, tingkat kerja lulusan, serta tingkat dukungan layanan karir. Banyaknya alumni yang diterima di perusahaan-perusahaan swasta maupun pemerintah dan didukung banyaknya almuni yang merintis menjadi pengusaha (enterpreneur) juga dapat menambah nilai plus dalam proses penilaian masuk ke dalam daftar perguruan tinggi kelas dunia.

Kualitas Pengajaran

Peran utama perguruan tinggi adalah memberikan pemikiran terbaik di masa depan, menginspirasi generasi mendatang mengenai potensi riset akademik. Indikator ini lebih berfokus kepada penilaian kualitas pengajaran lokal, kolasi umpan balik mahasiswa, dan survei mahasiswa secara nasional di perguruan tinggi dan rasionya di setiap fakultas. Penerapan kurikulum yang update mengikuti perkembangan informasi juga perlu mendapat perhatian yang lebih. Dosen-dosen yang mempunyai kualifikasi tinggi dan kompetensi yang sesuai dengan keahlian akan sangat membantu

Insfrastruktur

Infrastruktur perguruan tinggi merupakan sebuah indikator yang membuat mahasiswa mengetahui apa yang akan dilakukannya ketika berkuliah di perguruan tinggi tersebut.

 

----------------------------

edukasi.kompas.com